Rabu, 30 Desember 2009

Komparasi Helm Standard dan Non Standard

Faktor penyebab kecelakaan hingga meninggal dunia pada pengendara sepeda motor diantaranya adalah kelalaiana pemakaian helm yang kurang memenuhi standart dan ala kadarnya. Hal ini sering terlupakan menyangkut kualitas bahan dan kelengkapan keamanan serta kenyamanan helm tersebut.

Dalam penelitian ini dilakukan pengujian kekuatan tarik dan pengujian kekerasan bahan serta kelengkapan keselamatan pada helm standart DMI dan helm non standart. Dalam penelitian dipakai helm standart dan non standart yang beredar dipasaran dengan mengambil bagian atas, samping kiri, samping kanan dan belakang helm sebagai bahan uji ( Spesimen ).Untuk perhitungan tegangan dengan pembebanan yang sama P = 2 ton, tebal t = 3,5 mm untuk helm standart DMI didapatkan tegangan maksimum rata-rata maks = 10,3 kg/mm2 dan t = 3 mm untuk helm non standart didapatkan tegangan maksimum rata-rata maks = 6,5 kg/mm2. Pada perhitungan uji kekerasan dengan pembebanan sama P = 60 kg ukuran 2 cm x 2 cm x 3,5 mm untuk helm standart DMI didapatkan kekerasan rata-rata = 59,5 kg/mm2 Sementara helm non standart ukuran 2 cm x 2 cm x 3 mm didapatkan harga kekerasan rata-rata = 32,2 kg/mm2

Dari analisis data terbukti bahwa dengan keputusan uji F hitung = 62,2 > F tabel = 13,74 dengan taraf signifikan 1% pada pengujian tarik dan pada pengujian kekerasan didapatkan keputusan uji F hitung = 64,74 > F tabel = 13,74 dengan taraf signifikan 1%. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa terjadi perbedaan yang sangat signifikan antara helm standart DMI dan non standart. Pengamatan secara visual perbandingan kelengkapan keamanan dan kenyamanan antara helm standart DMI dan helm non standart sangat signifikan dan dapat disimpulkan bahwa helm non standart tidak layak dipakai ditinjau dari segi keamanan dan kenyamananya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured